Elemental Defense Industrial

 

Kata Sambutan Ketua Dewan Pembina 

Pertama tama  kami panjatkan puji syukur  kepada Tuhan yang esa, bahwa tanggal 12 Desember 2011 Jam 12 siang di Jakarta, telah lahir tengah tengah kita  Yayasan Swastisvarna. Dengan  perkembangan zaman dan kehidupan di era masa kini yang serba modern, dan technology yang serba canggih, telah menciptakan kehidupan manusia semakin bersaing dalam kreativitas.  Oleh sebab itu, untuk menunjang terselenggaranya program pemerintah tentang pelayanan sosial lanjut usia sehingga dapat berjalan maksimal.  Yayasan Swastisvarna mengajak seluruh masyarakat untuk ikut peduli kepada kehidupan kaum Lansia melalui program aktivitas Swastisvarna, ke depannya Lansia diharapkan akan semakin terpacu dalam keikutsertaan pada proses pembangunan serta terpeliharanya nilai budaya dan kekerabatan bangsa.  Dengan bergabung bersama di Yayasan Swastisvarna saat  memasuki lanjut usia akan tetap “menjadi pribadi yang selalu penuh percaya diri” karena masa  usia emas adalah simbol kedewasaan dan matang dalam bertindak, tetap eksis dalam pengabdian di tengah - tengah masyarakat untuk terus berkarya. Semua ini bisa terwujud atas niat yang tulus dan kerja keras serta  dukungan dari semua sahabat dan pihak pihak yang terkait.   Akhir kata dengan kerendahan hati, saya sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam berbagai  kegiatan, yang di prakarsai Swastisvarna saya ucapkan rasa syukur dan terima kasih” sebesar - besarnya, semoga kita  selalu dalam tuntunan Tuhan  YME. Amin

Kata Sambutan Ketua Pengurus Harian


Penuaan penduduk adalah satu prose salami yang tidak dapat dihindari dan merupakan salah satu isu yang dihadapi oleh banyak negara di dunia saat ini termasuk Indonesia, Besarnya jumlah penduduk lanjut usia (Lansia) di Indonesia menunjukkan angka yang terus bertambah seperti data BPS tahun 2014 yang menyebutkan bahwa penduduk Lansia berjumlah 22,8  juta jiwa (8,03 persen dari total pupulasi). Lansia pada masa sekarang dan masa mendatang merupakan anugerah dan sekaligus sebagai tantangan yang harus dihadapi terutama dengan adanya stigma negatif yang dimiliki masyarakat terhadap Lansia. Pada kenyataannya Lansia lebih banyak diposisikan sebagai obyek daripada subyek pembangunan.

Berdasarkan UU No.13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia yang menyatakan bahwa pemerintah, masyarakat dan keluarga bertanggungjawab atas terwujudnya upaya peningkatan kesejahteraan sosial Lansia, maka Yayasan Swastisvarna sebagai salah satu unsur masyarakat  memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan Lansia di Indonesia. Dalam hubungan ini terdapat banyak hal perlu dilakukan oleh masyarakat, namun Yayasan Swastisvarna sebagai mitra kerja pemerintah akan lebih fokus kepada 3 bidang, yaitu : bantuan sosial, pendidikan dan latihan lintas generasi, serta kegiatan kajian kebijakan.

Kami berharap setiap kegiatan yang akan dilakukan Yayasan Swastisvarna dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya guna mewujudkan Lansia Indonesia menjadi Lansia sehat, aktif, produktif dan mandiri. Semoga. 

 

© 2015 YAYASAN SWASTISVARNA. All Rights Reserved.